Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperetif Tipe Numbered Head Together terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Esi Dwi, Anggrayani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1820/4/12080122%20ESI%20DWI%20ANGGRAYANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1820/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1820/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1820/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1820/
Daftar Isi:
  • Hal yang melatarbelakangi pelitian ini antara lain. Pertama, siswa belum terampil dalam menulis teks cerita pendek. Kedua, kurang pemahaman siswa tentang menulis teks cerita pendek. Ketiga, siswa kurang mampu mengembangkan ide-ide dalam bentuk tulisan pada teks cerita pendek. Keempat, metode yang digunakan hanya metode ceramah dan sekali-sekali diskusi. Tujuan penelitian ini antara lain. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 379 siswa dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel pada penelitian ini kelas XI ADP3 yang berjumlah 38 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together memperoleh nilai rata-rata 58,24 dengan kualifikasi Cukup pada rentangan 56–65%. Kedua, keterampilan menulis teks cerita pendek sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas XI SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan nilai rata-rata 71,58 dengan kualifikasi Lebih dari Cukup pada rentangan 66-75%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan karena thitung > ttabel (7,21> 1,70).