Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu, siswa masih kurang menyukai pelajaran bahasa Indonesia khususnya pelajaran menyimak berita terlihat dari ketidakseriusan siswa pada saat belajar, selain itu pemahaman siswa terhadap menyimak berita masih rendah yang disebabkan oleh siswa tidak berkonsentrasi dalam menyimak. Tidak hanya itu, pada saat proses pembelajaran berlangsung guru hanya membacakan teks berita saja. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMPN 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan bentuk eksperimen yang Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian ini berupa lembaran tes objektif menyimak berita. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media audio visual sedangkan variabel terikat adalah kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMP N 1 Tarusan. diperoleh data berupa skor kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMPN 1 Tarusan sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal yaitu, (1) kemampuan menyimak berita (unsur berita) siswa kelas VIII SMPN 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan media audio visual secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata hitung sebesar 68,73, (2) kemampuan menyimak berita (unsur berita) siswa kelas VIII SMPN 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan sesudah menggunakan media audio visual secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi sempurna dengan rata-rata hitung sebesar 97,23. (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menyimak berita siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (9,0) > ttabel (1,71).