Pengaruh Strategi Pembelajaran Lightening the Learning Climate terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan
Main Author: | Ismaneli, Manas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1795/4/10080033%20ISMANELI%20%20MANAS.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1795/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1795/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1795/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1795/5/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1795/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis cerpen siswa masih rendah, karena kurang pemahaman siswa terhadap pembelajaran cerpen dan sulit menyampaikan gagasan. Siswa kurang kritis terhadap bacaan serta kurangnya minat siswa dalam menulis cerpen. Strategi yang digunakan guru belum bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen sebelum mengunakan strategi lightening the learning climate siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. (2) mendeskripsikan cerpen sesudah mengunakan strategi lightening the learning climate siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. (3) mendeskripsikan pengaruh strategi lightening the learning climate terhadap ketermpilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto X Tarusan berjumlah 31 orang. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis cerpen sebelum mengunakan strategi lightening the learning climate dan setelah mengunakan strategi lightening the learning climate. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal sebagai berikut. (1) keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan sebelum menggunakan strategi lightening the learning climate berada pada kualifikasi cukup (C) dengan rata-rata (62,35). (2) keterampilan menulis cepen siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan sesudah menggunakan strategi lightening the learning climate berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata (70,98). (3) terdapat pengaruh yang signifikasi terhadap strategi pembelajaran lightening the learning climate terhadap pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan dengan thitung (2,05) > ttabel (1,67). Dengan kata lain, H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, strategi pembelajaran lightening the learning climate baik digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen.