Pelaksanaan Fungsi Edukatif Keluarga Yang Bekerja (Studi Kasus: Keluarga di Desa Tanah Rekah Kecematan Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko)
Main Author: | Ukis, Salusi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1771/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1771/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1771/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1771/4/12070015%20UKIS%20SALUSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1771/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keluarga yang bekerja diluar rumah baik itu ayah maupun ibu, dikarenakan kesibukan keluarga dalam bekerja dari pagi hingga siang hari sehingga keluarga kurang memiliki waktu bersama anak, baik itu dalam memberikan pendidikan, perhatian dan kasih sayang kepada anak. Seharusnya keluargalah yang bertanggung jawab dalam mendidik anak karena keluarga merupakan guru pertama dan utama dalam mendidik anak terutama anak yang masih berusia 0-6 tahun. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Fungsi Edukatif Keluarga Yang Bekerja, yang memiliki anak usia 3-4 tahun di Desa Tanah Rekah Kecematan Mukomuko Kabupaten Mukomuko. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Struktural Fungsional menurut Robert K.Marton. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, informan penelitian ini diambil secara purposive sampling. Informan dalam penelitian ini sebanyak 24 (dua puluh empat) orang yaitu, suami sebanyak 8 orang, istri 11 orang, kakek dan nenek 2 orang dan anak (kakak) 3 orang. Jenis data dibagi kedalam data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data, setelah dikumpulkan data dipilah-pilah atau direduksi, setelah data dipilah kemudian masuk kepada penyajian data, setelah data disajikan terakhir data disimpulkan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Fungsi Edukatif Keluarga Yang Bekarja di Desa Tanah Rekah yaitu sebagai berikut: 1) Pendidikan Agama, 2) Pendidikan yang berhubungan dengan Nilai dan Budaya (Pendidikan Budi Pekerti, Nilai, dan Norma, Tatakrama, Budaya), 3) Pendidikan Berhubungan dengan Lingkungan (Keluarga, Diri Sendiri, Sesama manusia, Lingkungan Sekitar), 4) Pendidikan yang berhubungan dengan Membaca dan Menulis. Semuanya telah dilaksanakan oleh keluarga di Desa Tanah Rekah.