Daftar Isi:
  • Kurangnya ketersediaan buku IPS pada siswa dikhawatirkan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya hubungan ketersediaan buku IPS dengan Prestasi Siswa Kelas VIII di SMP N 4 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 4 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII yang berjumlah 36 siswa dan sampel responden dalam penelitian ini diambil dengan teknik total sampling sehingga sampel berjumlah 36 siswa. Data diperoleh melalui angket pada siswa Kelas VIII di SMP N 4 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo. Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketersediaan buku IPS dengan prestasi belajar IPS Siswa di SMP Negeri 4 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo karena thitung> ttabel (3,023 > 1,689), F hitung > F tabel (9,136 > 4,130), besarnya kontribusi ketersediaan buku IPS terhadap prestasi belajar IPS yaitu sebesar 21,2%, yang berarti kecil dan hubungan antara ketersediaan buku IPS siswa dengan prestasi belajar, diketahui nilai r = 0,460, berarti hubungan antara ketersediaan buku IPS siswa dengan prestasi belajar termasuk kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa ketersediaan buku IPS berhubungan secara signifikan dengan prestasi belajar IPS siswa di SMP N 4 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo.