Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII-4 SMP N 19 Padang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang
Main Author: | ELVIRA, ELVIRA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Lainnya Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1742/2/09020052%20ELVIRA%20%20%20OKE.PDF http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1742/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1742/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1742/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1742/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latarbelakangi oleh guru mengajar dalam penyampaian suatu materi hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga siswa kurang aktif dan kurang memahami konsep materi pelajaran yang disampaikan guru. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII-4 SMP N 19 Padang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII pada Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 7 Kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas control dan kelas eksperimen ditentukan secara acak. Sampel adalah siswa kelas VII-4 sebagai kelas berbasis masalah dan kelas VII-7 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar IPS kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji t, hitung adalah 8,9 sedangkan diperoleh t tabel 7,6. hal ini berarti t hitung > t tabel,Hal ini berarti terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah atau Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas VII-4 SMP N 19 Padang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Dari analisa hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII-7 SMP N 19 Padang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang.