Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Masalah Pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Riska, Patiah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1741/4/12050109%20-%20RISKA%20PATIAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1741/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1741/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1741/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1741/5/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1741/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang ada di SMPN 1 Lubuk Alung yang belum dapat membantu siswa untuk memahami materi sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persoalan yang ada pada bahan ajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif pada materi sistem persamaan linier dua variabel untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu tahap define, design, dan develop. Tahap define terdiri dari wawancara guru dan siswa , analisis silabus, analisis buku teks, analisis karakteristik siswa dan analisis literatur,. Tahap design yaitu perancangan LKS. Tahap develop yaitu mengembangkan LKS dan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektifitas. Instrumen yang digunakan untuk validitas yaitu instrumen lembar validasi, instrumen yang digunakan untuk praktikalitas yaitu instrumen lembar praktikalitas, pedoman wawancara guru dan siswa, sedangkan instrumen yang digunakan untuk efektifitas adalah soal tes. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validitas LKS dengan berbasis masalah pada kriteria sangat valid dengan persentase 86,2%. Uji praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis dengan persentase 85,8% dan uji praktikalitas oleh siswa pada kriteria sangat praktis dengan persentase 89,3%. Hasil efektifitas pada kriteria efektif dengan ketuntasan siswa minimal 75%. Dapat disimpulkan bahwa LKS dengan berbasis masalah untuk materi sistem persamaan linier dua variabel sudah sangat valid, sangat praktis dan efektif di SMP Negeri 1 Lubuk Alung.