Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Tigo Nagari Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Afriadi Eka, Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1735/4/11050199%20AFRIADI%20EKA%20PUTRA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1735/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1735/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1735/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1735/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, diskusi kelompok jarang diterapkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 2 Tigo Nagari Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Tigo Nagari Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak terpilih kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes = dan . Berarti soal tes dinyatakan reliabel karena . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf nyata . Hasil uji hipotesis diperoleh P-value = lebih kecil dari , maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMPN 2 Tigo Nagari Tahun Pelajaran 2016/2017 .