Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dengan Teknik Spotlight Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang

Main Author: Yeri Fitriani, Desri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1734/4/11050060%20YERI%20FITRIANI%20DESRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1734/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1734/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1734/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1734/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswamasih relatif rendah dan siswa tidak fokus, malu bertanya, serta kurang aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung dengan teknik Spotlight lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Random Terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdaftar di kelas VIII SMPN 25 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes r11 = 0,84. Hasil analisis diperoleh rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen 75,87 dengan simpangan baku 14,05 sedangkan rata-rata kelas kontrol 69,06 dengan simpangan baku 15,20. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t satu pihak dengan thitung 1,83 dan ttabel 1,67. Berdasarkan hasil analisis data diketahui kedua kelas sampel berdistribusi normal, homogen dan thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung dengan teknik Spotlight lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 25 Padang.