Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 30 Padang

Main Author: Siska, Desria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1733/4/11050017%20SISKA%20DESRIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1733/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1733/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1733/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1733/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa suka belajar berdua tetapi belum efektif dan hasil belajar matematika siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 30 Padang tahun pelajaran 2016/2017, yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar matematika siswa. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian, tes diuji cobakan di SMPN 5 Padang. Teknik analisis data yang digunakan pada tes akhir yaitu uji t satu pihak dengan = 0,05, hasil analisis data diperoleh t = 1,66 dan t = 2,6 Karena t > t , sehingga hipotesis penelitian diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 30 padang.