Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif disertai Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 4 Gunung Talang

Main Author: ARESTA, RITAMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1727/4/11050121%20ARESTA%20RITAMA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1727/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1727/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1727/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1727/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang keinginan siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan guru serta pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Hal ini terlihat pada hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan Penerapan Model Kooperatif disertai GQGA lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 4 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Gunung Talang. Sampel penelitian adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essai dengan reliabilitas tes adalah . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis tes akhir diperoleh rata-rata dan simpangan baku kelas eksperimen adalah 60,90 dan 20,53, sedangkan kelas kontrol adalah 50,17 dan 18,20. Rata-rata dan simpangan baku kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh = 1,995 dan t tabel = 1675 , karena t. t tabel maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif disertai GQGA lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMPN 4 Gunung Talang.