Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung disertai Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Nofri, Susanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1726/4/11050112%20NOFRI%20SUSANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1726/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1726/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1726/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1726/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan siswa lebih suka bertanya kepada temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran langsung disertai strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Random Terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dalam bentuk essay. Hasil analisis diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 62 sedangkan rata-rata kelas kontrol 52,8. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t satu pihak dengan thitung dan ttabel . Berdasarkan hasil analisis data diketahui kedua kelas sampel berdistribusi normal, homogen dan thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menerapkan model pembelajaran langsung disertai strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan.