Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kepala Bernomor Terstruktur terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang
Main Author: | Lira, Junita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1723/4/11050058%20LIRA%20JUNITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1723/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1723/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1723/3/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1723/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, dan hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik kepala bernomor terstruktur lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Random terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari tujuh kelas kecuali kelas VIII.1 yang merupakan kelas unggul. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII3 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dan bentuk tesyang digunakan adalah essay dengan reliabilitas tes yaitu dan r 11 = 0,82 dan r tabel = 0,374 maka soal dinyatakan reliabel. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan uji t satu pihak dengan t hitung =2,44 dan t tabel = 1671. . Berdasarkan hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal, homogen dan t h > t tabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik kepala bernomor terstruktur lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang.