Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Information Search terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Batang Kapas Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Nina Tri, Rahayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1721/4/11050045%20NINA%20TRI%20RAHAYU.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1721/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1721/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1721/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1721/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Information Search lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII IPA SMAN 1 Batang Kapas Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Random terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 1 Batang Kapas Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XII IPA5 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas XII IPA6. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dan bentuk tes yang digunakan adalah essay dengan reliabilitas tes yaitu 0,763 dan maka soal dinyatakan reliabel. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan uji t satu pihak dengan = 3,05 dan = 1,67 pada α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal, homogen dan maka hipotesis yang diajukan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe information search lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XII IPA SMAN 1 Batang Kapas.