Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang
Main Author: | YULIA, RAHMI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1712/4/12050228%20YULIA%20RAHMI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1712/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1712/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1712/1/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1712/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah dan siswa tidak berani untuk bertanya dan mengeluarkan gagasan yang mereka miliki secara langsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan cara pengambilan lot, lot yang terambil pertama adalah kelas eksperimen dan lot yang terambil kedua adalah kelas kontrol. Maka terambil kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk essai dengan reliabilitas tes r11 = 0,858 dan rtabel = 0,404. Berarti soal tes dinyatakan reliabel karena r11 > rtabel. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh = 2,04 dan = 1,67. Hipotesis diterima karena > jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika yang menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang.