Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | ADE OLANDA, SAFITRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1711/4/12050243%20ADE%20OLANDA%20SAFITRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1711/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1711/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1711/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1711/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) disertai kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Random terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kinali. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih adalah XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung rata-rata kuis tiap pertemuan dan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data didapat rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen adalah 76,67 sedangkan kelas kontrol adalah 66,95. Pengujian hipotesis digunakan uji-t satu pihak, diperoleh atau , maka hipotesis yang diajukan diterima pada selang kepercayaan 95%. Jadi pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) disertai kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.