Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: RAHMANIA, NASIR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1708/4/13050134%20RAHMANIA%20NASIR.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1708/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1708/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1708/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1708/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan siswa kurang mau berbagi pengetahuan dalam belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk 1) mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif Tipe Active Knowledge Sharing disertai kuis lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional 2) untuk melihat perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA PGAI Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir. Berdasarkan analisis kuis diketahui bahwa pemahaman konsep matematis siswa setelah diberi perlakuan mengalami penurunan dan peningkatan pada setiap pertemuan. Sedangkan dari analasis tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung lebih besar dari = 1,697 pada . Dengan demikian, hipotesis diterima yaitu Pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing disertai kuis lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas X SMA PGAI Padang.