Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Disertai Strategi Pembelajaran Aktif The Power of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 6 Padang

Main Author: Febri, Yasli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1700/4/10050267%20FEBRI%20YASLI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1700/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1700/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1700/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1700/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang masih rendah dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran serta proses pembelajaran berjalan satu arah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing disertai strategi pembelajaran aktif the power of two lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional dikelas IX SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang yang naik ke kelas IX Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilaksanakan secara acak, kelas IX3 sebagai kelas eksperimen, kelas IX2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes akhir dengan indikator kemampuan pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah soal essai dengan reliabilitas adalah: = 0,718. Hasil analisis data terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat. Setelah dilakukan tes essai diperoleh kelas sampel tidak berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh = -0,195, = 1,96 artinya zhitung < ztabel maka tolak dan terima ,sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing disertai strategi pembelajaran aktif the power of two lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 6 padang.