Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) untuk Siswa Kelas VII MTsN Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Elmisda, Elmisda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1698/4/10050163%20ELMISDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1698/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1698/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1698/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1698/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang belum mampu memfasilitasi dan membimbing siswa untuk belajar mandiri dalam menemukan konsep. Berhubungan dengan permasalahan yang ditemukan maka dikembangkan bahan ajar berupa LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKS berbasis penemuan terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan model 4-D. tapi pada penelitian ini dilakukan 3 tahap yaitu define, design dan develop. Tahap define yaitu analisis kebutuhan dan permasalahan, tahap design, merancang LKS berbasis penemuan terbimbing dan tahap develop mengembangkan LKS kemudian dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Uji validitas dilakukan untuk melihat kesesuaian materi, penyajian dan bahasa dan keterbacaan. Uji praktikalitas diujikan pada 6 orang siswa dan 2 orang guru dengan menggunakan angket dan pedoman wawancara. Hasil validitas LKS berbasis penemuan terbimbing oleh validator menunjukkan LKS berbasis penemuan terbimbing valid yaitu 3,00. Uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan LKS berbasis penemuan terbimbing sangat praktis yaitu 86%, uji praktikalitas dengan guru menunjukkan LKS berbasis penemuan terbimbing praktis yaitu75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis penemuan terbimbing sudah valid dan praktis.