Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMPN 20 Padang
Main Author: | Sannia Darma, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1697/1/10050148%20SANNIA%20DARMA%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1697/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1697/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1697/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1697/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan siswa yang pintar cenderung tidak mau berbagi pengetahuan kepada siswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share lebih baik dari hasil belajar matematika siswa mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMPN 20 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 20 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari delapan kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah IX 3 sebagai kelas eksperimen dan IX 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk esai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung =1,76 dan ttabel =1,67 dengan α = 0,05, karena thitung> t tabel maka hipotesis penelitian ini diterima. Jadi, dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas IX SMPN 20 Padang tahun pelajaran 2016/2017.