Pengaruh Penerapan Pembelajaran Quantum Teaching Kerangka TANDUR terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMAN 12 Sijunjung
Main Author: | Ulva, Syukra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1695/4/10050030%20ULFA%20SYUKRA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1695/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1695/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1695/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1695/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika dan hasil belajar matematika yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)bagaimana motivasi belajar matematika siswa selama menggunakan pembelajaran Quantum Teaching kerangka TANDUR, 2)untuk mengetahui apakah pembelajaran Quantum Teaching kerangka TANDUR berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 12 Sijunjung tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 12 Sijunjung tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa dan tes akhir berbentuk esai untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis angket dilakukan dengan menentukan kriteria persentase dan teknik analisis tes akhir dilakukan menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis angket diperoleh siswa sudah termotivasi dalam belajar dengan menggunakan pembelajaran Quantum Teaching kerangka TANDUR dan berdasarkan2,37 hasil analisis tes akhir diketahui bahwa kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai1,68variansi yang homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = dan ttabel = pada α = 0,05, Karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian ini diterima. Sehingga disimpulkan bahwa siswa sudah termotivasi selama menggunakan pembelajaran Quantum Teaching kerangka TANDUR dan pembelajaran Quantum Teaching kerangka TANDUR berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 12 Sijunjung Tahun Pelajaran 2016/2017.