Profil Interaksi Sosial Peserta Didik Berprestasi Kelas XI di SMA Negeri 6 Padang
Main Author: | Shinta, Golvia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1688/2/12060175%20SHINTA%20GOLVIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1688/3/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1688/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1688/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1688/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang peneliti temukan tentang profil interaksi sosial peserta didik berprestasi yang menarik diri dari suatu kelompok, dan adanya peserta didik yang berprestasi lebih suka menyendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Profil interaksi sosial peserta didik berprestasi dilihat dari belajar, (2) Profil interaksi sosial peserta didik berprestasi dilihat dari sekolah, (3) Profil interaksi sosial peserta didik berprestasi dilihat dari rumah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Padang yang berjumlah 54 orang. Untuk penarikan sampel digunakan teknik total sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 54 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Profil interaksi sosial peserta didik berprestasi dilihat dari belajar dengan kategori baik, 2) Profil interaksi sosial peserta didik berprestasi dilihat dari sekolah dengan kategori sangat baik, 3) Profil interaksi sosial peserta didik berprestasi dilihat dari rumah dengan kategoti baik. Berdasarkan temuan penelitian ini penulis menyarankan kepada peserta didik untuk dapat meningkatkan interaksi sosial, prestasi belajar, dan potensi yang dimiliki dan dapat menyesuaikan diri di dalam lingkungan sekitar. Penelitian ini direkomendasikan kepada: Peserta Didik agar peserta didik dapat meningkatkan cara belajar yang baik untuk kedepannya, dan dapat memperoleh prestasi belajar yang memuaskan baik bagi sekolah maupun di rumah.