Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang bergantung pada orang lain dalam menentukan setiap sikap, tindakan dan keputusan yang akan dilakukannya, sehingga menjadikan peserta didik sebagai individu yang tidak mandiri dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) Bentuk Konformitas Membabi Buta dalam Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan 2) Bentuk Konformitas Identifikasi dalam Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan 3) Bentuk Konformitas Internalisasi dalam Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan yang berjumlah 377. Untuk penarikan sampel digunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 79 peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan persentase dari bantuan Software IBM Statistical Package for the Social Sciences Version 20 For Windows (IBM SPSS Versi 20.0). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Secara umum bentuk-bentuk konformitas dalam penyesuaian diri peserta didik kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan berada pada kategori banyak 2) Bentuk konformitas membabi buta dalam penyesuaian diri peserta didik kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan berada pada kategori banyak yaitu 3) Bentuk konformitas identifikasi dalam penyesuaian diri peserta didik kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan berada pada kategori cukup banyak 4) Bentuk konformitas internalisasi dalam penyesuaian diri peserta didik kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan berada pada kategori sedikit. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru BK SMAN 1 Koto XI Tarusan agar lebih sering memberikan materi mengenai pengambilan keputusan, sikap dan tindakan yang baik, benar dan tepat dalam kelompok kepada peserta didik.