Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Peserta Didik di SMP Negeri 7 Padang
Main Author: | Yolla Masda, Rilfani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1681/1/12060156%20YOLLA%20MASDA%20RILFANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1681/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1681/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1681/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1681/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang sulit menyesuaikan diri dengan teman baru, peraturan sekolah, adanya peserta didik yang kurang mendapatkan perhatian yang baik dari orang tuanya dalam belajar dirumah, ada orang tua kurang memiliki waktu untuk anak karena sibuk bekerja, adanya orang tua yang tidak memperdulikan hasil belajar anaknya, adanya orang tua tidak memfasilitasi kebutuhan belajar anak di rumah. Tujuan penelitian ini menggambarkan: 1) pola asuh orang tua peserta didik, 2) penyesuaian diri peserta didik, 3) hubungan pola asuh orang tua dengan penyesuaian diri peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan korelasi. Populasi penelitian ini adalah 275 peserta didik SMP Negeri 7 Padang. Sampel penelitian dipilih berdasarkan teknik proportional random sampling dengan sampel sebanyak 92 peserta didik, pengumpulan data menggunakan angket, analisa yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik di SMP Negeri 7 Padang dilihat dari : 1) Pola asuh orang tua berada pada kategori cukup baik, 2) Penyesuaian diri peserta didik berada pada kategori cukup baik, 3) Hubungan pola asuh orang tua dengan penyesuaian diri peserta didik di SMP Negeri 7 Padang dapat di gambarkan bahwa diperoleh korelasi yaitu r hitung sebesar 0,437 r tabel sebesar 0,205 df 90 pada taraf signifikansi 0,05 atau tingkat kepercayaan 95% dengan ketentuan nilai r berarti -1 ≤ 0,437 ≤ 1 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) dapat diterima dan terdapat hubungan yang signifikan yang menunjukkan arah hubungan yang positif dengan koefisien kuat. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik diharapkan untuk terus berusaha menjadi pribadi yang dapat menyesuaikan diri dengan baik terhadap berbagai macam lingkungan yang ada di sekitarnya sehingga perkembangan peserta didik menjadi tidak terganggu dan keefektifan belajar dapat tercapai, Orang tua hendaknya menyadari bahwa pola asuh yang diberikan kepada anak akan menimbulkan dampak masing-masing dari pola asuh tersebut. Diharapkan juga orangtua lebih bijaksana dalam mendidik seorang anak apalagi mereka telah mulai dewasa.