Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik yang Berasal dari Keluarga Broken Home di SMA N 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Retno, Limarnis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1680/4/12060154%20RETNO%20LIMARNIS.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1680/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1680/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1680/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1680/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelangkangi oleh fenomena yang peneliti temukan di lapangan dimana adanya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik yang berasal dari keluarga broken home. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1)Faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik yang berasal dari keluarga broken home di SMA N 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan (2) Faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik yang berasal dari keluarga broken home di SMA N 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun yang menjadi informan kunci adalah peserta didik yang berasal dari keluarga broken home dan informan tambahan dalam penelitian ini adalah: Guru BK, wali kelas dan orang tua peserta didik. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Prestasi belajar peserta didik yang berasal dari keluarga broken home dilihat dari faktor internal diperoleh bahwa prestasi belajar peserta didik rendah terbukti dari hasil belajarnya. (2) Prestasi belajar peserta didik yang berasal dari keluarga broken home dilihat dari faktor eksternal diperoleh bahwa prestasi belajar peserta didik juga rendah dikerenakan kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan adanya kerja antara guru BK , wali kelas dan juga dengan orang tua peserta didik agar peserta didik lebih baik lagi disekolah.