Profil Kebiasaan Belajar Peserta Didik di Kelas XI SMA Negeri 2 Pariaman
Main Author: | Elsa, Asriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1678/4/12060146%20ELSA%20ASRIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1678/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1678/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1678/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1678/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki kebiasaan belajar yang tidak teratur, adanya peserta didik yang memiliki daya tahan belajar yang rendah, adanya peserta didik yang tidak mengulang pelajaran saat akan ujian, adanya peserta didik yang tidak memiliki catatan belajar dengan lengkap, adanya peserta didik yang tidak memiliki motivasi untuk memperkaya materi pelajaran, adanya peserta didik yang senang menjiplak pekerjaan teman, adanya peserta didik yang datang terlambat, dan adanya peserta didik yang melakukan-melakukan kebiasaan buruk. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) Profil kebiasaan belajar peserta didik dalam menyusun waktu belajar. 2) Profil kebiasaan belajar peserta didik dalam teknik belajar. 3) Profil kebiasaan belajar peserta didik dalam konsentrasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS dan IPA yang berjumlah sebanyak 307 orang. Untuk penarikan sampel digunakan teknik purposive random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 67 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisa data digunakan teknik persentase melalui Microsoft office excel 2007. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) Profil kebiasaan belajar peserta didik dalam menyusun waktu belajar berada pada kategori kurang baik, 2) Profil kebiasaan belajar peserta didik dalam teknik belajar berada pada kategori cukup baik, sedangkan 3) Profil kebiasaan belajar peserta didik dalam konsentrasi belajar berada pada kategori kurang baik. Selain itu penulis menyarankan agar peserta didik lebih serius lagi dalam belajar agar kebiasaan belajar yang dimiliki oleh peserta didik baik dan memperoleh hasil belajar yang baik.