Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Main Author: Mustika, Ridolita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1677/4/12060133%20MUSTIKA%20RIDOLITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1677/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1677/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1677/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1677/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang mandiri dalam belajar sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Hal tersebut dapat dilihat dari cara belajarnya di dalam kelas, mereka masih saja tidak memperhatikan guru dalam belajar sehingga berdampak pada prestasi yang diperolehnya. Bahkan mereka tidak merasa cemas bila mendapatkan nilai yang rendah. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampil menggunakan metode random sampling dimana 66 peserta didik yang dijadikan sampel. Data kemandirian belajar (X) dan prestasi belajar (Y) diperoleh dari hasil penyebaran angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif yang terdiri dari analisis regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,388. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 12,996 > ttabel sebesar 1,998. Artinya apabila kemandirian belajar meningkat sebesar satu % atau satuan X mempengaruhi/ kontribusi dengan meningkatkan sebesar 0,388 terhadap prestasi belajar. Semakin baik kemandirian belajar maka akan semakin baik pula prestasi belajar peserta didik tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada peserta didik agar meningkatkan kemandiriannya dalam belajar supaya memperoleh prestasi belajar yang baik.