Peran Guru BK dalam Meningkatkan Pengembangan Kehidupan Beragama terhadap Peserta Didik melalui Layanan Bimbingan dan Konseling
Main Author: | Lela, Rinata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1672/3/12060087%20Lela%20Rinata.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1672/4/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1672/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1672/1/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1672/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi, adanya peserta didik yang tidak melaksanakan shalat zuhur berjama’ah di musholah sekolah pada tepat waktu, adanya peserta didik yang bermain-main ketika waktu shalat sudah masuk, adanya peserta didik yang tidak membaca Al-Qur’an setelah masuk kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Peran guru BK dalam meningkatkan pengembangan kehidupan beragama melalui layanan informasi di SMAN 1 Timpeh, (2) Peran guru BK dalam meningkatkan pengembangan kehidupan beragama melalui layanan penempatan dan penyaluran peserta didik di SMAN 1 Timpeh. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun yang menjadi informan kunci penelitian adalah: koordinator BK dan guru BK dan informan tambahan yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan peserta didik. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa peran guru BK dalam meningkatkan pengembangan kehidupan beragama terhadap peserta didik melalui jenis layanan bimbingan dan konseling diantaranya: (1) peran guru BK dalam meningkatkan pengembangan kehidupan beragama terhadap peserta didik melalui layanan informasi tentang kebiasaan shalat peserta didik di SMAN 1 Timpeh. Ditemukan bahwa guru BK telah membantu peserta didik yang menunda shalatnya. (2) peran guru BK dalam meningkatkan pengembangan kehidupan beragama terhadap peserta didik melalui layanan penempatan dan penyaluran tentang menetapkan berpakaian menurut aturan sekolah dengan sopan peserta didik di SMAN 1 Timpeh. Melalui layanan penempatan dan penyaluran telah membantu guru BK memberikan kesadaran kepada peserta didik dalam berpakaiannya.