Kesulitan Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus dalam Proses Pembelajaran di SMPN 23 Padang
Main Author: | Nola, Ferdianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1669/4/12060066%20NOLA%20FERDIANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1669/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1669/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1669/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1669/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan dilapangan dimana adanya kesulitan belajar peserta didik berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan 1) Peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membaca, 2) Peserta didik yang mengalami kesulitan belajar menulis, 3) Peserta didik yang mengalami kesulitan belajar berhitung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan mendeskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat mengetahui realita di lapangan tentang kesulitan belajar peserta didik berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran. Adapun yang menjadi informan kunci dan informan tambahan dalam penelitian ini adalah: Peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, guru mata pelajaran dan guru pembimbing. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; 1) Peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membaca yaitu peerta didik memiliki kemampuan memahami bacaan rendah dan membaca sering banyak salah, 2) Peserta didik yang mengalami kesulitan belajar menulis yaitu peserta didik menulis sering terlambat selesai, tulisannya tidak terbaca, tulisan banyak salah dan sulit menulis dikertas bergaris, 3) Peserta didik yang mengalami kesulitan belajar berhitung yaitu peserta didik sulit membedakan tanda-tanda dan sering salah membedakan angka. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru untuk lebih memperhatikan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar sehingga bisa membantu proses pembelajaran yang efektif.