Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di lapangan yaituwali kelas sulit untuk menyesuaikan diri dalam pelaksanaan BK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran wali kelas dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling dengan penelitian yaitu:1) Peran wali kelas dalam membantu guru BK melaksanakan tugas-tugasnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya, 2) Peran wali kelas dalam membantu guru mata pelajaran melaksanakan perannyadalampelayananbimbingandankonseling, 3) Peran wali kelas memberikan kesempatan dan kemudahan bagi peserta didik untuk mengikuti layanan atau kegiatan bimbingan dan konseling, 4) Peran wali kelas berpartisipasi aktif dalam kegiatan bimbingan dan konseling, 5) Peran wali kelas mengalih tangankan peserta didik yang memerlukan layanan bimbingan dan konseling kepada guru BK. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun yang menjadi informan penelitian adalah 2 orang informan yaitu wali kelas, dan 2 orang informan tambahan yaitu guru BK dan Koordinator BK. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan pedoman observasi. Analisis datanya adalah dengan mengunakan redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa:1. Peran wali kelas dalam membantu guru BK di kelas yang menjadi tanggung jawabnya yaitu bertangung jawab terhadap kelas yang dibinanya, 2. Peran wali kelas dalam membantu guru mata pelajaran yaitu adanya saling komunikasi antara berbagai pihak, 3. Peran wali kelas membantu memberikan kesempatan dan kemudahan bagi peserta didik 4. Peran wali kelas berpartisifasi aktif dalam kegiatan BK yaitu memberikan keterangan apa adanya, 5. Peran wali kelas mengalihtangankan peserta didik jika wali kelas tidak mampu untuk menangani masalah peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat direkomendasikan bagi wali kelas untuk dapat bekerjasama dengan guru mata pelajaran, guru BK, dan seluruh pihak yang terkait.