Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik dalam Belajar di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sijunjung
Main Author: | Erva Lestari, Austin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1662/4/11060344%20ERVA%20LESTARI%20AUSTIN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1662/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1662/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1662/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1662/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dibelatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berkomunikasi sesama peserta didik, peserta didik kurang bersosialisasi dengan baik dalam belajar dan melakukan kegiatan belajar masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) komunikasi interpersonal peserta didik yang bersifat transaksional, 2) komunikasi interpersonal peserta didik yang menyangkut isi pesan dan hubungan antarpribadi, 3) komunikasi interpersonal peserta didik yang adanya kedekatan fisik antara pihak-pihak yang berkomunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Sijunjung yang berjumlah 72 peserta didik. Penarikan sampel dengan menggunanakan teknik total sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 72 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk teknik analisa data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara umum kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik dalam belajar di kelas VIII SMP Negeri 3 Sijunjung berada pada kategori cukup baik. Secara khusus: 1) Komunikasi interpersonal peserta didik dalam belajar berada pada kategori cukup baik. 2) Komunikasi interpersonal peserta didik menyangkut isi pesan dan hubungan antarpribadi berada pada kategori cukup baik. 3) Komunikasi interpersonal peserta didik adanya kedekatan fisik antara pihak-pihak yang berkomunikasi berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik dalam belajar dan dapat bersosialisasi dengan teman sekelas serta guru.