Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 15 Padang
Main Author: | Dasril, Dasril |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1657/4/12090198%20DASRIL.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1657/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1657/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1657/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1657/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa. 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. 3) pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa. 4) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. 5) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 15 Padang. Dijadikan sampel sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,481 dan thitung 5,189 > ttabel 1,9849. Kedua Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,332 dan thitung 3,582 > ttabel 1,9849. Ketiga kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,156 dan thitung 2,496 > ttabel 1,9849. Keempat Fasilitas belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dimana diperoleh nilai koefisien jalur -0142 dan thitung - 2,404 < ttabel 1,98. Kelima motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,894 dan thitung 14,792 > ttabel 1,9849. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan Pertama kompetensi guru harus selalu ditingkatkan untuk memberi dukungan kepada siswa agar lebih meningkatkan prestasi belajar siswa. Kedua orang tua harus bias mengarahkan anaknya dirumahuntuk belajar sehingga motivasi anak dalam belajar meningkat dan prestasi anak menjadi naik. Ketiga bagi sekolah dapat dijadikan acuan dalm meningkatkan kompetensi guru, fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa. Keempat peneliti selanjutnya yang tertarik dengan topik yang sama agar memperhatikan variabel-variabel lain yang diduga berperan dan mempengaruhi prestasi belajar