Pengaruh Bimbingan Orang Tua, Disiplin Guru, Interaksi Teman Sebaya dan Pemberian Hukuman Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP N 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Sri, Handayani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1652/4/12090218%20SRI%20HANDAYANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1652/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1652/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1652/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1652/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh bimbingan orang tua terhadap Disiplin Belajar Siswa, 2) pengaruh Disiplin guru terhadap disiplin Belajar Siswa, 3) pengaruh interaksi teman sebaya terhadap disiplin Belajar Siswa, 4) pengaruh pemberian hukuman terhadap disiplin Belajar Siswa, 5) pengaruh bimbingan orang tua, disiplin guru, interaksi teman sebaya dan pemberian hukuman secara bersama-sama terhadap disiplin Belajar Siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai TA 2016/2017 berjumlah 281 orang, Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan induktif, yaitu uji likelihood, uji ramsey, uji multikolinearitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi ( ), uji hipotesis yang menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara bimbingan orang tua ( ) terhadap disiplin belajar siswa (Y) dengan nilai koefisien regresi 0,602 dan thitung (5,383) > ttabel (1,97500). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin guru ( ) terhadap disiplin belajar siswa (Y) dengan nilai koefisien regresi 0,487 dan thitung (6,681) > ttabel (1,97500) 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya ( ) terhadap disiplin belajar siswa (Y) dengan nilai koefisien regresi 0,483 dan thitung (8,767) > ttabel (1,97500) 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian hukuman ( ) terhadap disiplin belajar siswa (Y) dengan nilai koefisien regresi 0,313 dan thitung (5,957) > ttabel (1,97500) dan 5) terdapat pengaruh signifikan antara bimbingan orag tua, disiplin guru, interaksi teman sebaya dan pemberian hukuman secara bersama-sama terhadap disiplin belajar siswa (Y) dengan Fhitung 178,034 > Ftabel (2,43). Dengan demikian disarankan kepada siswa untuk meningkatkan ketaatan terhadap kegiatan belajar di sekolah dan meningkatkan kejujuran antar teman sebaya,bagi orang tua untuk lebih meningkatkan keberanian bertindak dan bertanggung jawab terhadap anak, bagi guru untuk lebih meningkatkan disiplin terhadap tugas kedinasan dan bagi pihak sekolah untuk memberikan hukuman dengan perkataan kepada siswa yang melakukan peraturan agar tidak mengulangi kembali.