Profil Bentuk-bentuk Disiplin Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri I Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Fatimah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1648/1/11060236%20FATIMAH%20NUR.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1648/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1648/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1648/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1648/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang terlambat masuk sekolah, adanya peserta didik cabut pada jam pelajaran sekolah, adanya peserta didik berpakaian tidak rapi ke sekolah, adanya peserta didik sering keluar masuk saat jam pelajaran sekolah, adanya peserta didik memakai sepatu warna-warni ke sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Profil bentuk-bentuk disiplin peserta didik dilihat dari disiplin berdasarkan konsep otorian, 2) Profil bentuk-bentuk disiplin peserta didik dilihat dari disiplin berdasarkan konsep permissive, 3) Profil bentuk-bentuk disiplin peserta didik dilihat dari disiplin berdasarkan konsep kebebasan terkendali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berusaha menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat berjumlah 149 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian 60 orang. Instrumen yang digunakan angket. Analisa data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan secara umum profil bentuk-bentuk disiplin peserta didik di kelas VII SMP Negeri I Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat berada pada kategori sangat baik. Dilihat dari masing-masing variabel: 1) profil bentuk-bentuk disiplin peserta didik dilihat dari disiplin berdasarkan konsep otoritarian berada pada kategori sangat baik, 2) profil bentuk- bentuk disiplin peserta didik dilihat dari disiplin berdasarkan konsep permissive berada pada kategori baik, 3) profil bentuk-bentuk disiplin peserta didik dilihat dari disiplin berdasarkan konsep kebebasan terkendali berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan temuan penelitian ini peneliti merekomendasikan kepada peserta didik untuk dapat menjaga dan memelihara ketertiban serta menjunjung tinggi nama baik sekolah.