Pengaruh Partisipasi Siswa, Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMAN 1 Tanjung Mutiara

Main Author: Noor Afsani, Rambe
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1642/6/12090145%20NOOR%20AFSANI%20RAMBE.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1642/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1642/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1642/5/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1642/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh partisipasi siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Tanjung Mutiara, 2) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Tanjung Mutiara, 3) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Tanjung Mutiara, 4) pengaruh partisipasi siswa perhatian orang tua dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Tanjung Mutiara. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Tanjung Mutiara yang berjumlah sebanyak 152 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama partisipasi siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Tanjung Mutiara. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,718. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 6,872 > ttabel sebesar 1,98. Artinya apabila partisipasi siswa meningkat sebesar 1 satuan, aka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,718 dalam setiap satuannya. Kedua perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Tanjung Mutiara. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,241. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,431 > ttabel sebesar 1,98. Artinya, apabila perhatian orang tua meningkat sebesar 1 satuan, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,241 dalam setiap satuannya. Ketiga disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Tanjung Mutiara. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,307. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,057 > ttabel 1,98. Artinya, apabila disiplin belajar meningkat sebesar 1 satuan, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,307 dalam setiap satuannya. Keempat partisipasi siswa, rhatian orang tua dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi lajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Tanjung Mutiara. Dimana eroleh nilai Fhitung 101,967 > Ftabel 2,69 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Disarankan kepada kepala sekolah agar lebih memperhatikan lingkungan sekolah dan gaya mengajar guru serta membimbing guru dan staf sekolah dalam meningkat prestasi belajar siswa. Dan disarankan kepada siswa supaya lebih meningkatkan prestasi belajarnya.