Pengaruh Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar siswa kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 2 Sawahlunto

Main Author: Ika Novia, Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1640/1/12090230%20IKA%20NOVIA%20SARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1640/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1640/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1640/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1640/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Sawahlunto, 2) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Sawahlunto, 3) pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Sawahlunto, 4) pengaruh perhatian orang tua, disiplin belajar dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Sawahlunto. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA N 2 Sawahlunto tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah sebanyak 158 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel berstrata dengan jumlah sampel sebanyak 109 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji Likelihood, uji Ramsey, uji Normalitas, uji Multikolinearitas, uji Heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, serta uji hipotesis yang menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,427 dengan nilai thitung 6,849 > ttabel sebesar 1,98304. Kedua disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai koefisien se esar 0,809 dengan nilai thitung 5,240 > ttabel 1,98304. Ketiga kemampuan berpikir kritis berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,058 dengan nilai thitung 2,182 > ttabel sebesar 1,98304. Ke mpat perhatian orang tua, disiplin belajar, dan kemampuan berpikir kritis be ma-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang ditunju oleh nilai Fhitung 43,547 > Ftabel 2,69 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penulis menyarankan Pertama orang tua lebih memperhatikan anaknya dalam belajar. Kedua siswa harus meningkatkan disiplin tepat waktu dalam belajar dan selalu berada didalam kelas saat jam pelajaran. Ketiga siswa harus lebih kritis dalam belajar yaitu lebih sering bertanya dan aktif dalam proses pembelajaran. Keempat bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan rujukan dalam melakukan penelitian yang sejenis yang lebih mendalam dimasa yang akan datang.