Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja, Sarana Prasarana dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 3 Lubuk Basung
Main Author: | Atika, Sriwahyuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1637/4/12090236%20ATIKA%20SRIWAHYUNI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1637/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1637/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1637/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1637/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompensasi, motivasi kerja, sarana prasarana dan iklim sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Negeri 3 Lubuk Basung yang berjumlah 46 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Pengujian hipotesisi penelitian menggunakan analisis uji t dan uji f. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,985. Nilai koefisien signifikan secara statistik karena thitung sebesar 2,835 lebih besar dari ttabel sebesar 1,682; (2) Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,557. Nilai koefisien signifikan secara statistik karena thitung sebesar 2,564 lebih besar dari ttabel sebesar 1,682; (3) Sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,169. Nilai koefisien signifikan secara statistik karena thitung sebesar 4,695 lebih besar dari ttabel sebesar 1,682; (4) Iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,161. Nilai koefisien signifikan secara statistik karena thitung sebesar 2,680 lebih besar dari ttabel sebesar 1,682 ; dan (5) kompensasi, motivasi kerja, sarana prasarana, dan iklim sekolah berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa nilai Fhitung (30,39) > dari Ftabel (2,83) artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hasil analisis koefesien determinasi menunjukkan bahwa 74,8% kinerja guru dipengaruhi variabel kompensasi, motivasi kerja, sarana prasarana, dan iklim sekolah sedangkan sisanya 25,2% dijelas oleh sebab-sebab lain yang ada di luar penelitian. Berdasarkan hasil peneilitian dapat disarankan; (1) Disarankan kepala sekolah beserta komite sekolah berusaha meningkatkan pemberian kompensasi bagi guru agar guru lebih termotivasi untuk bekerja; (2) Disarankan guru SMA Negeri 3 Lubuk Basung untuk berusaha meningkatkan keinginan yang lebih untk berafiliasi; (3) Diharapkan kepala sekolah berusaha melengkapi peralatan mengajar bagi guru; (4) Diharapkan kepala sekolah memberikan kepercayaan dan keterbukaan yang lebih bagi guru dalam menjalankan tugasnya; (5) Disarankan guru SMA Negeri 3 Lubuk Basung lebih berusaha melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi peserta didik