Pengaruh Fasilitas Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Pada STKIP PGRI Sumbar
Main Author: | Yholanda, Rivaldo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1633/4/12090257%20Yholanda%20Rivaldo.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1633/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1633/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1633/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1633/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar, kebiasaan belajar, dan motivasi belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi pada STKIP PGRI Sumbar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2013, 2014, dan 2015 di STKIP PGRI Sumbar sebanyak 706. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisa data adalah analisa deskriptif dan analisa induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama fasilitas belajar berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar -0,020. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar -6,247 < ttabel sebesar 1,985. Artinya apabila fasilitas belajar menurun sebesar satu satuan, maka prestasi belajar akan naik sebesar 0,020 dalam setiap satuannya. Kedua kebiasaan belajar berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar -0,010. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar -5,606 < ttabel sebesar 1,985. Artinya apabila kebiasaan belajar menurun sebesar satu satuan, maka prestasi belajar akan naik sebesar 0,010 dalam setiap satuannya. Ketiga motivasi belajar berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar -0,004. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar -2,827 < ttabel sebesar 1,985. Artinya apabila motivasi belajar menurun sebesar satu satuan, maka prestasi belajar akan naik sebesar 0,005 dalam setiap satuannya. Keempat fasilitas belajar, kebiasaan belajar, dan motivasi belaja secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasis Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Dimana eroleh nilai Fhitung 51,403 > Ftabel 2,70 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk eningkatkan prestasi belajar mahasiswa harus memiliki kebiasaan belajar yang baik agar perkuliahan dapat berjalan dengan lancar. Mahasiswa juga harus memotivasi diri dalam pembelajaran, dengan begitu prestasi belajar mahasiswa akan lebih meningkat.