Pengaruh Kemandirian Belajar, Sumber Belajar dan Kelengkapan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA N 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Diana, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1630/4/12090261%20DIANA%20PUTRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1630/3/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1630/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1630/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1630/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh kelengkapan perpustakaan terhadap prestasi belajar, 4) pengaruh kemandirian belajar, sumber belajar dan kelengkapan perpustakaan secara bersama- mempengaruhi prestasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS di SMA N 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Teknik penarikan sampelnya yaitu proportional random sampling dengan sampel dalam penelitian sebanyak 89 orang dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,176. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,674 > ttabel sebesar 1,9879. Kedua sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Ditunjuk an oleh nilai koefisien sebesar 0,438. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar thitung 5,614 > ttabel 1,9879. Ketiga kelengkapan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,262. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 3,204 > ttabel sebesar 1,9879. Keempat kemandirian belajar, sumber belajar dan kelengkapan perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 76,009 > Ftabel 2,71. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun saran yang bisa diberikan antara lain adalah siswa harusnya dapat meningkatkan kemandirian belajar guna memperbaiki prestasi yang dicapai dalam pembelajaran. Selanjutnya, siswa harus bisa memanfaatkan sumber belajar yang ada bahkan siswa hendaknya dapat mencari sumber belajar guna tercapainya tujuan pembelajaran dan mendapatkan prestasi yang baik. Selain itu, siswa juga harus memanfaatkan kelengkapan perpustakaan dan sekolahpun harus memperhatikan perpustakaan sebagai sarana serta fasilitas belajar siswa dapat digunakan sebaik dan senyaman mungkin demi bertambahnya wawasan yang dimiliki siswa dalam mencapai prestasinya.