Pengaruh Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, dan Cara belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 17 Padang
Main Author: | Shinta, Novia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1629/4/12090266%20SHINTA%20NOVIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1629/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1629/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1629/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1629/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa, 2) pengaruh Lingkungan keluraga terhadap Hasil Belajar Siswa, 3) pengaruh Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa, 4) pengaruh Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga dan Cara Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 17 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang belajar kelas VIII di SMP Negeri 17 Padang pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 270 orang, terdiri dari Delapan lokal. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proprorsional Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji li ood, uji ramsey, uji multikolinearitas, uji normalitas, uji heteroskedasti s, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi (R rta ipotesis yang menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian Pertama terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah (X terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) Kelas VIII di SMP 17 Padang dengan nilai efisien regresi 0,388 dan thitung (7,067) > ttabel ( Kedua terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga(X terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) kelas VIII di P N 17 padang dengan nil koefisien regresi 0,381 dan thitung (5,487) > l (1,97509) Ketiga terdapat pengaruh positif dan signifikan Cara Belajar (X terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) Kelas VIII di SMP N 17 Padang dengan i koefisien regresi 0,292 dan thitung (5,057) > ttabel (1,97509) Keempat terdapat pengaruh signifikan antara Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga dan Cara Belajar secara bersama- sama terhadap terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) kelas VIII di SMP N 17 dengan Fhitung 85,402 > Ftabel (2,66). Dengan demikian disarankan di lihat dari Lingkungan sekolah, sebaiknya guru lebih menguasai penguasaan kelas, misalnya; apabila anak masih meribut maka guru tidak akan memulai proses belajar mengajar, di lihat dari Lingkungan keluarga, sebaiknya orang tua memfasilitasi buku pelajaran yang dibutuhkan siswa, karena tidak semua buku di pinjamkan oleh sekolah dan di lihat dari Cara belajar, sebaiknya siswa selalu diberi pekerjaan rumah (PR), karena apabila tidak diberi PR maka siswa kebanyakan tidak mengulangi pelajaran di rumah.