Pengaruh Pengawasan kepala sekolah, Kompetensi komunikasi guru, Pengalaman mengajar guru dan Disiplin kerja guru terhadap Kinerja guru pada SMA N 1 Lubuk Basung

Main Author: Nasib, Alkausar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1628/3/12090270%20NASIB%20ALKAUSAR.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1628/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1628/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1628/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1628/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan kepala sekolah, kompetensi komunikasi guru, pengalaman mengajar guru dan disiplin kerja guru secara parsial dan simultan terhadap kinerja guru pada SMA N 1 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini semua guru di SMA N 1 Lubuk Basung sebanyak 68. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang guru. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisa data adalah analisa deskriptif dan analisa induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama pengawasan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru pada SMA N 1 Lubuk Basung..Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,092. Nilai koefisien ini signifikan karena nila ithitung sebesar 2,936 < ttabel sebesar 1,99. Artinya apabila pengawasan kepala sekolah meningkat sebesar satu satuan, maka kinerja guru akan meningkat pula sebesar 0,092 satuan.KeduaKompetensi komunikasi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerjaguru SMA N 1 Lubuk Basung. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,203.Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,086 > ttabel 1,99. Artinya, apabila kompetensi komunikasi guru meningkat sebesar satu satuan, maka kinerja guru akan meningkat pula sebesar 0,203 satuan. Ketiga Pengalaman mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA N 1 Lubuk Basung. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,195. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,345 > ttabel sebesar 1,99. Artinya, apabila pengalaman mengajar guru meningkat sebesar satu satuan, maka kinerja guru akan meningkat pula sebesar 0,195 satuan. Keempat Disiplin kerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA N 1 Lubuk Basung. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,207. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 3,630 > ttabel sebesar 1,99. Artinya, apabila disiplin kerja guru meningkat sebesar satu satuan, maka kinerja guru akan meningkat pula sebesar 0,207 satuan. Kelima Pengawasan kepala sekolah, kompetensi komunikasi guru, pengalaman mengajar guru dan disiplin kerja guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA N 1 Lubuk Basung.. Dimana diperoleh nilai Fhitung 44,502 > Ftabel 2,52 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Presentase pengaruh variable pengawasan kepala sekolah, kompetensi komunikasi guru, pengalaman mengajar guru dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru pada SMA N 1 Lubuk Basung. Yaitu sebesar 73,9%, sedangkan sisanya 26,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.