Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru, Perilaku Belajar, Fasilitas Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 12 Padang
Main Author: | Novia Mifta, Rizka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1622/4/13090167%20NOVIA%20MIFTA%20RIZKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1622/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1622/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1622/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1622/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh presepsi siswa tentang kinerja mengajar guru terhadap hasil belajar siswa ekonomi kelas XI di SMA Negeri 12 Padang, 2) pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Padang, 3) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil beljar ekonomi siswa kelas xi di SMA Negeri 12 Padang, 4) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas xi di SMA Negeri 12 Padang. 5) presepsi siswa tentang kinerja mengajar guru, perilaku belajar, fasilitas belajar, dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Padang.Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Padang yang berjumlah sebanyak 157 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proposional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 112 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama presepsi siswa tentang kinerja mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Padang. Dengan nilai koefisien sebesar 0,351. Nilai ini signifikan karena nilai thitung 3,379 > ttabel sebesar 1,655. Kedua perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,305. Nilai ini signifikan karena nilai thitung 2,823 > ttabel 1,655. Ketiga fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,220. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,854 > ttabel sebesar 1,655. Keempat kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,533. Nilai ini signifikan karena nilai thitung 5,065>ttabel sebesar 1,655. Kelima presepsi siswa tentang kinerja mengajar guru, perilaku belajar, fasilitas belajar dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Padang. Dimana diperoleh nilai Fhitung 86,902 > Ftabel 2,66 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.