Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 6 Sijunjung Kecamatan Kamang Baru
Main Author: | Fandi, Adha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1621/3/12090144%20FANDI%20ADHA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1621/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1621/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1621/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1621/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, 3) pengaruh kompetensi sosial guru terhadap kinerja guru, 4) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja dan kompetensi sosial guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dimana yang menjadi Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri 6 Sijunjung Kecematan Kamang Baru sebanyak 33 guru dijadikan sampel dalam penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Untuk mengukur variabel kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja dan kompetensi sosial guru dan kinerja guru digunakan alat ukur skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program EVIEWS versi 16.0 dan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, dimana nilai koefisien 0,307 dengan nilai thitung 4,544 > t tabel 1,69276. Kedua terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja guru, dimana nilai koefisien 0,260 dengan nilai thitung 6,305> t tabel 1,69276. Ketiga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap kinerja guru, dimana nilai koefisien 0,397 dengan nilai thitung 5,570> ttabel 1,69276. Keempat kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja dan kompetensi sosial guru secara bersama-sama berpengaruh terhdapa kinerja guru dimana nilai nilai Fhitung 42,785 > Ftabel 2,93. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Demi meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 6 Sijunjung Kecamatan Kamang Baru maka disarankan kepada kepala sekolah untuk menjadi panutan dan teladan dalam bersikap serta menunjukkan tingkah laku yang baik kepada semua warga sekolah. Demi meningkatkan kinerja guru yang lebih baik disarankan kepada guru di SMA Negeri 6 Sijunjung Kecamatan Kamang Baru untuk berbicara dengan sopan dan bersikap santun kepada semua warga sekolah. Serta guru di SMA Negeri 6 Sijunjung Kecamatan Kamang Baru juga perlu meningkatkan komunikasinya dengan orang tua atau wali siswa dan masyarakat sesuai dengan profesinya sebagai pendidik, seperti ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan masyarakat sekitar.