Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas Sekolah, Perhatian Orang Tua dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMKN 8 Padang

Main Author: Muhammad, Arsyad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1620/3/12090132%20MUHAMMAD%20ARSYAD.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1620/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1620/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1620/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1620/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa, 3) pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, 4) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar siswa, 5) pengaruh media pembelajaran, fasilitas sekolah, perhatian orang tua dan komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif dimana yang menjadi Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yaitu sebanyak 453 siswa dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 212 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program EVIEWS versi 16.0 dan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajará siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,138 dengan nilai thitung sebesar 2,272 > ttabel sebesar 1,65251 dengan nilai signifikan 0,024< = 0,05. Kedua fasilitas sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasiá belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,104 dengan nilai thitung sebesar 1,984> ttabel sebesar 1.65251 dengan nilai signifikan 0,049< = 0,05. Ketiga perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajará siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,102 dengan nilai thitung sebesar 2,324> ttabel sebesar 1.65251 dengan nilai signifikan 0,021< = 0,05. Keempat komunikasi interpersonal berpengaruh signifikan terhadap motivasiá belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,452 dengan thitung sebesar 6,752> t tabel sebesar 1.65251 dengan nilai signifikan 0,000< = 0,05. Kelima media pembelajaran, fasilitas seolah, perhatian orang tua dan komunikasi interpersonal á bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini tunjukkan nilai Fhitung 16,252 > Ftabel 2,42 dan nilai signifikan 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran kewirausahaan di SMKN 8 Padang, maka disarankan kepada meningkatkan motivasi belajarnya dari dirinya sendiri agar prestasi dan nilainya dapat dicapai dengan lebih baik dan bagi guru yang mengajar agar membantu dan mendorong siswanya agar motivasi belajar siswa menjadi meningkat dan siswa menjadi semangat lagi untuk belajar.