Pengaruh Pembelajaran Remedial, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Puja, Sridahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1615/4/12090105%20PUJA%20SRIDAHAYU.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1615/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1615/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1615/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1615/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh pembelajaran remedial secara parsial terhadap hasil belajar, 2) pengaruh minat belajar secara parsial terhadap hasil belajar, 3) pengaruh motivasi belajar secara parsial terhadap hasil belajar, 4) pengaruh pembelajaran remedial, minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X di SMAN 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 127 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup untuk mengetahui pengaruh pembelajaran remedial, minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan digunakan uji t dan uji F. Hasil analisis data menunjukan bahwa Pertama terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran remedial terhadap hasil belajar, nilai thitung 5.103>ttabel 1.979; Kedua terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar, dengan thitung 6.282>ttabel 1.979 Ketiga terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, thitung 8.696>ttabel 1.979; Keempat terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran remedial, minat belajar dan motivasi belajar dengan F hitung 129.471 > Ftabel 3.07. Besarnya pembelajaran remedial, minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar yaitu 75.9% dan sisanya 24.1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Disarankan kepada guru mata pelajaran ekonomi agar memberikan keyakinan kepada siswa agar tidak cemas dalam kegagalan pencapaian nilai pada tahap awal karena nilai tersebut masih bisa diperbaiki dengan remedial, dan meyakinkan siswa bahwa remedial akan berhasil dan mendapatkan nilai yang baik dan bisa menarik perhatian siswa dalam penyelesaian suatu masalah dalam pelajaran, sehingga siswa terlibat dalam pengambilan keputusan dari pemecahan masalah tersebut.