Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII dan VIII SMP N 3 Talamau, 2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII dan VIII SMP N 3 Talamau, 3) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII dan VIII SMP N 3 Talamau, 4) Pengaruh minat belajar siswa, perhatian orang tua, dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII dan VIII SMP N 3 Talamau. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Talamau yang berjumlah sebanyak 142 orang dengan sampel sebesar 105 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama minat belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Talamau. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,412. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,115 > ttabel sebesar 1,98350 . Artinya apabila minat be ajar siswa meningkat lebih baik, maka hasil belajar akan menigkat sebesar 0,412 dalam setiap satuannya. Kedua perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Talamau. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,741. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 12,519 > ttabel sebesar 1,98350. Artinya apabila perhatian orang tua meningkat lebih baik, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,741 dalam setiap satuannya. Ketiga fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Talamau. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,311. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,709 > ttabel sebesar 1,98350. Artinya apabila fasilitas belajar meningkat lebih baik, maka hasil belajar akan menigkat sebesar 0,311 dalam setiap satuannya. Keempat minat belajar siswa, perhatian orang tua da asilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil bela siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII dan VIII SMP N 3 Talamau. Dimana eroleh nilai Fhitung 108,301 > Ftabel 2,69 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dalam penelitian saran yang penulis tuliskan yaitu guru di sekolah harus meningkat minat belajar yang lebih baik kepada anak didiknya, dan orang tua juga harus memperhatikan perhatian kepada anak nya hal ini dimaksudkan agar tidak berdampak kepada hasil belajar siswa nantinya.