Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA N 2 Bayng Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Novika, Witri Rahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1608/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1608/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1608/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1608/4/13010081%20NOVIKA%20WITRI%20RAHAYU.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1608/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di SMA N 2 Bayang memiliki hasil belajar yang masih rendah yaitu berada di bawah KKM (82). Hal ini disebabkan karena minat belajar siswa yang masih rendah, dan metode pembelajran yang digunakn guru yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Sedikit sekali siswa yang mau bertanya apalagi mengeluarkan pendapatnya. Usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan diatas adalah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning disertai media power point. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media power point terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized control-Group Postest Only Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling, sampel adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPA 5. Instrumen dalam penelitian ini untuk ranah afektif adalah penilaian diri, kognitif adalah validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda dan indeks kesukaran soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji t (t-tes). Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas sampel didapatkan bahwa nilai kognitif pada kelas eksperimen memilki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu 75,10 dan 68,47. Dari uji hipotesis didapatkan bahwa thitung = 2,73 dan ttabel = 1,67 maka hipotesis diterima.Untuk> afektif rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu, 82,90 dan 76,99. Dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan bahwa thitung ttabel dimana thitung = 1,80 dan ttabel = 1,67 maka hipotesis diterima. Hasil analisis data penilaian psikomotor kelas eksperimen mendapatkan predikat B (80,65) sedangkan kelas kontrol mendapatkan predikat A (88,51). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai Media Power Point dapat meningkatkan nilai belajar siswa dan aktivitas siswa, sementara tidak dapat meningkatkan keterampilan siswa Kelas XI IPA SMA N 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.