Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Kinali Pasaman Barat

Main Author: Siska, Yuniatmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1600/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1600/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1600/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1600/4/12010256%20SISKA%20YUNIATMI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1600/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, diantaranya guru belum menggunakan model dalam proses pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Selain itu, kurangnya pemakaian media pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Upaya mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Kinali Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan “Randomized Control Group Posttest Only Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Kinali Pasaman Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IPA1 dan kelas kontrol kelas IPA2. Instrumen penelitian yang digunakan pada kompetensi pengetahuan adalah berupa soal pilihan ganda yang dilaksanakan melalui tes di akhir penelitian. Kompetensi sikap berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran. Kompetensi keterampilan dapat dilihat pada laporan dan ringkasan siswa.. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji- ′ dengan taraf 0,05. Hasil analisis data diperoleh dari ranah pengetahuan pada kelas eksperimen 77,27 dan pada kelas kontrol 73,52 dengan harga thitung 2,22 sedangkan ttabel 1,68. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis penilaian ranah sikap pada kelas eksperimen dengan predikat A (3,7) sedangkan pada kelas kontrol berada pada predikat B (3,45). Penilaian pada ranah keterampilan kelas eksperimen dengan predikat A ̄ (3,80), dan pada kelas kontrol berpredikat B+ (3,20). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.