Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Disertai LDS terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisr Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Desi, Mayang Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1597/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1597/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1597/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1597/4/12010251%20DESI%20MAYANG%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1597/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan terutama pada materi Keanekaragaman Hayati yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Salah satu cara yang dapat diterapkan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together disertai LDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together disertai LDS terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control-group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Kelas sampel yaitu kelas X.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penilitian ini adalah tes hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afekif dan psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan korelasi pada taraf nyata 0,05. Hasil analisis data yang telah dilakukan pada ranah kognitif diperoleh thitung 2,36 dan ttabel 1,67. Oleh karena itu thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Pada ranah afektif diperoleh thitung 0,51 dan ttabel 1,67 oleh karena itu thitung < ttabel maka hipotesis di tolak. Pada ranah psikomotor diperoleh thitung 2,30 dan ttabel 1,69. Oleh karena itu thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together disertai LDS berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif dan psikomotor tetapi tidak pada ranah afektif.