Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengajar, Perhatian Orang Tua Dan Media Pembelajaran Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP N 04 Batang Anai
Main Author: | Novitasari, Novitasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ab |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1596/3/12090079%20NOVITASARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1596/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1596/4/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1596/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1596/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh keterampilan guru dalam mengajar terhadap efektivitas pembelajaran, 2) pengaruh perhatian orang tua terhadap efektivitas pembelajaran. 3) pengaruh media pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran, 4) pengaruh keterampilan guru dalam mengajar, perhatian orang tua dan media pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SPMN 04 Batang Anai. Jenis penelitian adalah penelitian Destriptif dan Asosoatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMPN 04 Batang Anai yang berjumlah sebanyak 115 orang dan jumlah sampelnya 35 orang dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam mengajar, perhatian orang tua dan media pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 04 Batang Anai dengan menggunakan uji t dan uji F. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisi deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) Keterampilan guru dalam mengajar berpengaruh pada efektivitas pembelajaran, dengan nilai koefisiennya adalah 0,232. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,584> ttabel 2,039. (2) Perhatian orang tua berpengaruh pada efektivitas pembelajaran dengan nilai koefisiennya adalah 0,149. Nilai koefisien ini signifikan karena thitung 2,313> ttabel 2,039. (3) Media pembelajaran berpengaruh pada efektivitas pembelajaran dengan nilai koefisiennya adalah 0,305. Nilai koefisien ini signifikan karena thitung 2,905> thitung 2,039. (4) Secara stimultan keterampilan guru dalam mengajar, perhatian orang tua dan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran siswa dengan nilai Fhitung 28,612> Ftabel 3,29 dan nilai signifikan 0,000< 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Disarankan kepada guru untuk menyediakan sesi mengajukan pertanyaan dalam proses pembelajaran berlangsung, sehingga siswa tidak malu lagi dalam bertanya dan memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu bertanya. Selanjutnya kepada orang tua agar selalu membimbing dan memperhatikan anak mereka dan memberikan penghargaan berupa pelukan atau sanjungan jika anak memiliki nilai yang bagus disekolah.Selain itu kepada guru dalam hal menyediakan media pembelajaran agar mencocokan dengan kemampuan siswa dalam mengenali media tersebut dan media tersebut mudah dipahami.